Rangkuman Hewan

Kingdom Animalia adalah kelompok hewan bersel banyak (metazoa) yang selnya tidak berdinding dan tidak berklorofil. Termasuk dalam animalia adalah filum porifera, ctenophora, chidaria, platyhelmintes, nematoda, annelida, arthropoda, echinodermata, mollusca, dan chortada.



Porifera adalah hewan dengan tubuh berpori-pori serta mempunya bentuk tubuh dan spikula yang beraneka ragam. Porifera yang berhabitat di perairan, dibagi menjadi tiga kelas, yaitu calcarea, hexactinellida, dan demospongia.

Coelenterata adalah kelompok hewan berongga, dalam daur hidupnya dapat hidup sebagai polip atau medusa. Coelenterata terdiri atas dua filum, yaitu Ctenophora dan Cnidaria. Ctenophora memiliki mulut dan dua lubang anus, tidak memiliki sel penyengat (knidosit). Cnidaria hanya memiliki satu lubang yang berfungsi sebagai mulut dan anus. Cnidaria memiliki sel penyengat. Cnidaria membentuk karang pantai, karang sawah, dan atol. Cnidaria dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu Hydrozoa, scyphozoa, dan anthozoa.

Platyhelminthes (cacing pipih) mempunyai bentuk tubuh pipih, tidak memiliki rongga tubuh dan alat pencernaanya tidak sempurna. Pada umumnya, cacing pipih hidup sebagai parasit, tetapi ada juga yang hidup bebas di perairan. Platyhelminthes dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Turbellaria, Trematoda, dan Cestoda.

Nemotoda (cacing gilik) mempunyai bentuk tubuh silindris dan tidak beruas-ruas. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang sempurna dan hidup bebas.

Annelida disebut juga cacing gelang. Ciri hewan ini adalah tubuhnya panjangm beruas-ruas, dan mempunyai alat pencernaan sempurna. Annelida dibagi menjadi tiga kelas, yaitu polychaeta, oligochaeta, dan hirudinea.

Arthopoda adalah hewan dengan ciri khusus, yaitu kaki yang beruas-ruas. Tubuhnya memiliki kerangka luar (eksoskeleton) yang keras dan kaku, terbuat dari kitin. Hewan hidup di darat, laut dan udara, ada yang hidup bebas maupun sebagai parasit. Arthropoda dibagi menjadi 4 subfilum, yaitu crustacea, chelicerata, myriapoda, dan hexapoda (kelas insecta).

Echinodermata disebut juga hewan berkulit duri. Tubuhnya tidak bersegmen tetapi berduri. hewan ini hidup dilaut. Echinodermata dibedakan menjadi lima kelas, yaitu asteroidea, ophiuroidea, echinoidea, crinoidea, dan holothuroidea.

Chordata bertubuh simetris bilateral, memiliki kerangka sumbu tubuh (korda dorsalis), sistem saraf pusat berbentuk pembuluh dan memiliki insang yang berhubungan dengan faring. Salah satu subfilum Chordata adalah vertebrata (hewan bertulang belakang) yang dibagi menjadi lima kelas, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.

Sekian Rangkuman Hewan yang bisa saya tulis terimakasih banyak

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Search Tool