Rangkuman Ekosistem

Ekosistem menunjukan adanya saling interaksi dan ketergantungan antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya (komponen abiotik). Komponen biotik mencakup individu, populasi, dan
komunitas makhluk hidup. Faktor abiotik antara lain suhu, sinar matahari, air, tanah, angin, ketinggian, dan garis lintang. Cabang biologi yang mempelajari seluk beluk Ekosistem adalah ekologi.

Pola interaksi dalam ekosistem melibatkan faktor biotik dan abiotik melalui rantai makanan, aliran energi, dan daur biogeokimia yang berlangsung pada tingkat individu, populasi, dan komunitas.

Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi lain, dimulai dari sinar matahari, produsen, konsumen primer sampai konsumen tingkat tinggi hingga ke detritivor, dan dekomposer. Pemindahan dan perubahan energi berlangsung di dalam rantai makanan atau jaring-jaring makanan.

Daur biogeokimia adalah daur unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke abiotik. Daur biogeokimia antara lain daur karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor.

Proses alami serta kegiatan manusia dapat mengubah keseimbangan alam. Kerusakan lingkungan dapat menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan atau polusi disebabkan oleh bahan pencemar (polutan) yang berasal dari berbagai sumber. Menurut sumbernya, polutan dapat berasal dari buangan limbah industri, sampah organik, limbah rumah tangga, limbah pertanian, dan limbah reaktor nuklir. Menurut jenis bahan pencermaranya, pencemaran dibedakan menjadi pencemaran kimiawi, biologi, dan fisik.

Limbah merupakan sumber daya alam yang telah kehilangan fungsinya dan berpotensi menjadi polutan. Penanganan limbah antara lain pemanfaatan kembali, daur ulang, dan penimbunan atau pembakaran.

Sekian Rangkuman Ekosistem yang bisa saya tulis terimakasih banyak

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Search Tool