Rangkuman Tumbuhan

Dunia Tumbuhan (plantae) meliputi lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji.Tumbuhan mengalami reproduksi aseksual dan seksual secara bergantian, disebut pergiliran keturunan.



Lumut merupakan tumbuhan peralihan antara Tumbuhan bertalus dengan tumbuhan berkormus. Habitatnya di tempat lembab atau basah. Pada tumbuhan lumut hanya terjadi pertumbuhan memanjang. Lumut mempunyai rizoid yang berfungsi sebagai akar. Selain itu, lumut juga memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. Reproduksi aseksualnya dengan spora yang haploid, sedangkan seksualnya dengan pembentukan gamet.

Tumbuhan paku merupakan tanaman yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Tumbuhan paku merupakan golongan tumbuhan berpembuluh yang paling sederhana. Tumbuhan paku berhabitat di darat. Reproduksi aseksualnya dengan membentuk spora, sedangkan reproduksi seksualnya dengan membentuk arkegonium dan anterdium yang menghasilkan gamet jantan dan betina.

Tumbuhan biji mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Kelompok Tumbuhan ini mempunyai jaringan pembuluh yang kompleks, dan alat perkembangbiakannya berupa bunga atau runjung. Tumbuhan biji dibedakan menjadi tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup. Alat perkembangbiakan Tumbuhan biji terbuka adalah runjung jantan (penghasil serbuk sari) dan runjung betina (daun-daun buah). Alat perkembangbiakan tumbuhan biji tertutup adalah bunga. Kelompok Tumbuhan biji memiliki manfaat besar bagi manusia.

Demikian Rangkuman Tumbuhan yang bisa saya tulis terimakasih banyak

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Search Tool