Rangkuman Protista

Protista
Gambar Protista
Kingdom Protista terdiri atas organisme eukariotik umumnya uniseluler, mempunyai inti yang jelas, dan organelnya bermembran. Anggotanya adalah organisme tingkat rendah bukan jamur, bukan
tumbuhan, bukan hewan, dan bukan prokariot. Takson ini dibuat untuk menampung organisme dengan campuran ciri 4 kingdom yang lain, sehingga untuk menghindari kerancuan taksonomi, organisme tersebut digolongkan ke dalam panitia protista.

Protista mirip dengan jamur memiliki kesamaan reproduksi seperti jamur, namun pada fase vegetatif protista bergerak secara ameboid. protista mirip jamur terdiri atas jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota).

Protista mirip dengan tumbuhan (alga) memiliki klorofil dan bersifat fotoautotrof. Selain klorofil, alga juga memiliki pigmen lain dan digunakan sebagai dasar klasifikasinya. Kelompok alga terdiri dari phaeophyta (alga cokelat), Rhodophyta (alga merah), chrysophyta (alga keemasan), chlorophyta (alga hijau), dan diatom (bacillariophyta), Alga memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, ada yang mikroskopis, ber sel satu, berbentuk pita, atau bersel banyak berbentuk lembaran. Reproduksi aseksualnya dengan membelah diri dan pada jenis tertentu dengan paraseksual, yaitu konjugasi. Berdasarkan alat geraknya, protozoa dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu rhizopoda, flagellata, ciliata, dan sporozoa.

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Search Tool