Tips Wawancara Narasumber

Sebelumnya saya telah menulis Tips dan Trik Menjadi Wartawan nah sekarang saya akan menulis Tips Mewawancarai narasumber. Mungkin kalian tertarik menjadi wartawan atau jurnalis. Profesi ini memikat banyak orang yang suka tantangan dan petualangan. Akan tetapi, tidak sedikit dari kalian mungkin kurang percaya diri saat mewawancarai seorang tokoh atau narasumber. Apa yang harus
kalian lakuan untuk mengatasinya ? berikut Tipsnya :

Jurnalistik
I Love jurnalistik


1. Jangan anggap seorang narasumber itu manusia super. narasumber adalah manusia seperti kalian, memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Jadi yakinkan diri bahwa kalian bisa mewawancarai dengan tenang.
2. Kuasai masalah dengan baik. Rasa tidak percaya diri muncul karena kalian kurang menguasai masalah yang ingin di tanyakan.
3. Pelajari cara mengajukan pertanyaan yang baik. Pertanyaan yang baik adalah pertanyaan yang dapat memancing narasumber untuk menjawab hal yang ditanyakan secara tuntas. Jangan membuat pertanyaan yang membuat narasumber hanya menjawab " ya " atau " tidak ", ajukanlah pertanyaan yang dapat membuat narasumber menyampaikan alasan atau argumentasi yang cukup, tidak berlarut-larut, tetapi juga tidak terlalu singkat.
4. Ciptakan suasana wawancara seperti saat mengobrol. Suasana akrab, tetapi tetap menghargai narasumber seringkali membuat sebuah kegiatan wawancara sukses.

Nah itu adalah Tips Mewawancarai Narasumber dari saya jika kalian ingin menambahkan tips trik yang lain silahkan komen dibawah yaa.. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Search Tool